^Back To Top
foto1 foto2 foto3 foto4 foto5
(021) 88321176
labcibitung@sucofindo.co.id

Pemanfaat Listrik Rumah Tangga

Sertifikasi Produk Peralatan dan Pemanfaat Tenaga Listrik

Di banyak negara, untuk melindungi konsumen, pemerintahnya mengharuskan produk-produk yang beredar di pasaran memenuhi standar keamanan bagi konsumen, terutama produk-produk listrik dan elektronika serta produk makanan dan mainan anak.

Isyu keamanan menjadi perhatian utama karena masyarakat awam terutama ibu-ibu rumah tangga serta anak-anak banyak menggunakan produk-produk tersebut dan kurang memiliki pengetahuan teknis memadai mengenai bahaya atas alat listrik, bahan beracun dan berbahaya.

Di Indonesia sendiri dewasa ini dibanjiri peredaran produk-produk konsumen lokal dan impor yang berharga murah, namun diragukan keamanannya atau di bawah standar. Hal ini merugikan dua pihak, pertama pihak konsumen, dari sisi keselamatannya. Kedua, produsen yang telah mengikuti standar, tidak mungkin bersaing secara harga dengan produk tersebut.

Untuk itu Direktorat Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunjuk PT. SUCOFINDO (Persero) sebagai Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) pelaksana sertifikasi produk peralatan dan pemanfaat tenaga listrik. Sertifikasi produk ini mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) yang telah diberlakukan oleh Menteri ESDM sebagai standar wajib. SNI yang digunakan mengadopsi standar internasional, seperti IEC (International Electrotechnical Comission) untuk produk listrik & elektronika.

Dengan SNI ini, produsen harus memproduksi barang dengan persayaratan minimal seperti dalam standar. Penerapan standar ini diverifikasi oleh badan sertifikasi produk melalui proses sertifikasi yang memeriksa sistem produksi dan menguji produk di laboratorium. Bukti penerapan standar ini ditunjukkan dengan memberi tanda pada produk (product marking).

Selain untuk perlindungan konsumen, aturan ini juga akan memicu persaingan sehat antar produsen, karena mereka tidak lagi menekan harga dengan mengorbankan aspek mutu dan keamanan. Sertifikasi produk juga memudahkan produsen dalam negeri untuk melakukan ekspor, karena negara tujuan ekspor juga menerapkan standar serupa, dan sertifikat dari LSPro Indonesia juga diterima di di negara tujuan ekspor.

Source :Di banyak negara

Pertanyaan / Keluhan?
Klik Di Sini

Popular Tags

Archived Articles

Login Form


LABORATORIUM SUCOFINDO
Alamat  : Jl Arteri Tol Cibitung No. 1 Cibitung Bekasi
Telepon : (021) 88321176/ Fax :(021) 88321166
Email     : labcibitung@sucofindo.co.id


twitter flicker skype youtube digg