^Back To Top
foto1 foto2 foto3 foto4 foto5
(021) 88321176
labcibitung@sucofindo.co.id

Laboratorium Industri & Produk Pertanian

Sucofindo memastikan Kualitas dan Kuantitas Komoditas Pertanian dan Pangan

TANTANGAN BISNIS

Perdagangan internasional untuk komoditas pertanian dan pangan semakin meningkat. Berbagai pihak yang terlibat antara lain produsen, pedagang, eksportir, pengangkut, serta institusi yang lain membutuhkan dukungan dari pihak ketiga yang mandiri, yang mampu memberikan kepastian akan pemenuhan persyaratan. Mereka juga membutuhkan laporan dari lapangan yang cepat tentang barang yang diperiksa meliputi mutu dan berat serta aspek-aspek lainnya.

SOLUSI

Ruang Lingkup Pekerjaan

Inspeksi komoditas pertanian, makanan dan minuman (agrifood) dilakukan dengan cara melaksanakan pemeriksaan produk untuk pemastian terhadap pemenuhan sesuatu kriteria tertentu seperti, kualitas, kuantitas, kemasan serta pelabelan.

Pemeriksaan ini dilakukan pada titik-titik penyerahan (custody transfer) atau rantai pasokan, baik dari tahapan produksi, di jalur perdagangan (pemuatan dan pembongkaran), maupun saat penerimaan di tempat tujuan pengiriman produk Anda.

Inspeksi kualitas dapat berupa pemeriksaan atas kondisi visual, pengukuran, dan pengambilan contoh untuk analisis laboratorium. Adapun inspeksi kuantitas atas jumlah barang dalam kemasan atau tanpa kemasan dilakukan dengan penghitungan (tally) atau penimbangan. Sedangkan untuk produk curah ?baik untuk produk cairan maupun padat? selain dilakukan dengan penimbangan dapat pula dengan pengukuran volumetrik, yang metodenya antara lain adalah draught survey.

Pelaporan komprehensif di akhir pekerjaan, didahului dengan laporan kemajuan berupa laporan harian untuk setiap tahapan pekerjaan dalam mengamankan komoditas pertanian dan produk makanan yang diperiksa, sehingga tiap kemajuan pekerjaan dapat dimonitor.

Manfaat

  1. Sebagai jaminan atas kuantitas dan kualitas sesuai kriteria yang dipersyaratkan;
  2. Sebagai langkah preventif dalam menghindari kemungkinan terjadinya ketidaksesuaian;
  3. Meningkatkan daya saing produk;
  4. Sertifikat dapat digunakan sebagai pemenuhan persyaratan L/C.

MENGAPA MEMILIH SUCOFINDO

Reputasi
SUCOFINDO adalah perusahaan jasa inspeksi pertama di Indonesia. Didirikan pada tahun 1956 dan memiliki cakupan jasa yang lengkap serta didukung laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jaringan
Titik layanan secara domestik tersebar di seluruh Indonesia. Secara global kami bermitra dengan perusahaan-perusahaan inspeksi yang memiliki jaringan global.

Jasa sesuai kebutuhan pelanggan
SUCOFINDO senantiasa berusaha untuk menawarkan solusi yang menjawab kebutuhan para pelanggannya.

Pengakuan
SUCOFINDO adalah anggota asosiasi internasional seperti IFIA (International Federation of Inspection Agencies), GAFTA (Grain and Feed Trade Association), FOSFA (Federation of Oilseeds and Fats Association), SUCOFINDO juga berakreditasi ISO 17020, 17025, dan bersertifikasi ISO 9001.

PELAKSANAAN PEKERJAAN

Dalam pelaksanaan kerja kami mengacu kepada standar international ataupun standar organisasi profesi yang diakui seperti LCA (Liverpool Cotton Association), GAFTA (Grain and Feed Trade Association), PORAM (Palm Oil Refinery Association of Malaysia) , PORIM (Palm Oil Research Institute of Malaysia) , FOSFA (Federation of Oilseeds and Fats Association), SNI (Standar Nasional Indonesia), dan standar nasional maupun internasional lainnya.

Sesuai dengan lingkup pekerjaan yang sudah disepakati, kami akan menugaskan inspektor atau auditor yang berpengalaman dan bersertifikat untuk melaksanakan inspeksi atau audit dengan mengacu pada spesifikasi, daftar periksa (check list), dan menggunakan format laporan serta peralatan inspeksi dengan memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan kerja standar. Yang termasuk agrifood dan komoditas pertanian disini adalah semua produk makanan dan minuman yang berbahan baku hasil pertanian, sedangkan komoditas pertanian sendiri secara umum termasuk di dalamnya biji-bijian, serealia, kapas dan serat lainnya; tembakau dan produk karet; ternak dan bahan pakan ternak, termasuk bahan baku pakan ternak; serta CPO dan produk turunannya.

Laporan

Laporan hasil pemeriksaan lapangan akan diinformasikan langsung kepada pelanggan. Laporan kemajuan pekerjaan disampaikan secara berkala. Setelah pekerjaan selesai akan diterbitkan laporan akhir atau sertifikat.

Pertanyaan / Keluhan?
Klik Di Sini

Popular Tags

Archived Articles

Login Form


LABORATORIUM SUCOFINDO
Alamat  : Jl Arteri Tol Cibitung No. 1 Cibitung Bekasi
Telepon : (021) 88321176/ Fax :(021) 88321166
Email     : labcibitung@sucofindo.co.id


twitter flicker skype youtube digg